web widgets

web widgets

Fungsi Cagar Alam


  
     Cagar Alam tak hanya sekedar dipakai sebagai tempat pengembangbiakkan hewan yang dilindungi. Cagar Alam memiliki fungsi – fungsi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup penghuni Cagar Alam. Berikut penjelasannya :
    
  1.      
Fungsi Pelestarian
              Tujuan utama membangun sebuah cagar alam adalah melindungi ekosistem yang ada di wilayah cagar alam agar tetap lestari. Sekarang banyak sekali kasus di Indonesia seperti pencurian kayu di Hutan, perburuan ilegal hewan liar, dampaknya populasi hewan dan tumbuhan ini akan menjadi berkurang atau parahnya bias sampai punah jika dilakukan terus – menerus tanpa tanggung jawab. Nah, dari sinilah Cagar Alamdidirikan, Cagar Alam berguna untuk melestarikan dan melindungi hewan – hewan dan tumbuhan yang ada di Hutan dari perilaku tak bertanggung jawab manusia, di Cagar Alam Hewan dan Tumbuhan nantinya akan di lindungi dan dilestarikan supaya populasinya bertambah dan agar tidak punah.
Misalnya Cagar Alam di Kalimantan, yang merupakan salah satu tempat pembudidayaan tanaman Rotan yang ideal.
http://majalahbuser.com/images/img10680156.jpg



2. Fungsi Akademis
   

       Cagar Alam dimanfaatkan sebagai pusat penelitian bagi kalangan Akademisi. Dalam Cagar Alam terdapat banyak sekali habitat alami bagi berbagai jenis hewan, dari mamalia, unggas, maupun vertebrata. Dan dalam Cagar Alam terdapat rantai makanan bagi seluruh hewan yang tnggal di hutan Cagar Alam.
Misalnya, Ujung Kulon terkenal dengan Badak Jawa yang terancam punah. Habitat satu – satunya hanya ada disitu, ilmuwan yang akan meneliti Badak Jawa mau tak mau harus pergi ke Ujung Kulon guna mengamati perilaku badak di alam liar. Cagar Alam merupakan sumber ilmuyang bias langsung dipelajari oleh pelajar maupun peneliti yang akan mengadakan riset

      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL3D60WP7h6-KC_o9jABz0QrDFY_Pqf5vGNh8OFamijOlfrugkdfATRvyYodbJYEbWlM5JP1Vdpa77wEMF_7xznI6rg-DkclfTErxjsU51UFVtKXrPHEvnQqtAyWavMKyhjFlBYr_RAds/s1600/badak(1).jpg



3. Fungsi Wisata
     

       Cagar Alam merupakan salah satu tujuan wisata menarik yang berbasis keindahan alam. Berlibur di Cagar Alam member 2 manfaat bagi pengunjung.
Yang pertama, pengunjung bias menikmati suasana hutan yang masih asri dan lebat, dan tentunya bias menyaksikan satwa yang hidup disana.
Yang kedua, pengunjung bias menambah pengetahuan dan juga menggugah kesadaran akan pentingnya pelestarian Lingkungan Hidup.
https://lh6.googleusercontent.com/-E-ybA6vM7jc/UVp6qGgzC4I/AAAAAAAAFSA/ogyWW4poHBc/s640/DSCN0764.JPG


source : http://www.anneahira.com/cagar-alam.htm

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Followers

Ads 468x60px

Followers

Featured Posts

Blogroll

About

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Social Icons

Cari Blog Ini

Copyright © 2012 Cagar AlamTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.